Cara Mengatasi Bootloop pada Xiaomi Mi 4i

Cara Memperbaiki Xiaomi Mi4i yang Mentok di Logo MIMi 4i, salah satu smartphone yang kini banyak digunakan banyak kalangan apalagi di kalangan anak muda. Dengan bermodalkan kamera canggih SONY CMOS yang memiliki sensor sebesar 13 MP, smartphone ini langsung mendapat perhatian dari kalangan pencinta fotografi. Bukan hanya kamera yang menjadi tolak ukur dari smartphone ini, hardware yang dibawa juga mempunyai kemampuan diatas rata-rata untuk ukuran smartphone kelas menengah. Sebut saja layar 5 inchi IPS full HD yang mempunyai kerapatan hingga 441 ppi dengan kemampuan menampilkan 95% warna yang ada dalam spektrum warna NTSC. Teknologi full lamination meningkatkan kontras sehingga warna-warna indah jadi lebih memukau dan terlihat natural. Bahkan jika dibandingkan iPhone 6, Xiaomi Mi4i lebih mampu memberikan tampilan gambar yang memukau.Xiaomi Mi4i Wikipedia.

Cara Mengatasi Bootloop pada Xiaomi Mi 4i Namun semua keunggulan itu takkan ada artinya jika smartphone kamu Bootloop atau Stuck alias mentok di logo MI terus menerus dan tidak bisa digunakan sama sekali. Bicara mengenai Bootloop atau Stuck, biasanya terjadi karena kamu mengInstall sebuah Custom ROM yang tidak sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan atau terjadi kesalahan saat kamu melakukan pengInstallan ROM pada smartphone kamu, bisa juga karena ada file yang rusak atau corrupt dalam ROM yang kamu download.

Kemungkinan Bootloop sepertinya memang tidak akan pernah lepas dari smartphone yang menggunakan OS Android, semua ini tidak lepas dari sifat dari sistem operasi ini yang berlabel Open Source sehingga membuat pengguna ingin selalu merombak apa yang terdapat smartphone menjadi sesuatu yang ia inginkan, salah satunya yang paling sering dilakukan oleh pengguna adalah mengInstall custom ROM dan melakukan rooting pada smartphone mereka. Cara Root Xiaomi Mi 4i Tanpa PC.

Namun bukan pengguna Android namanya jika menyerah dengan keadaan ponsel pintarnya yang dalam keadaan Bootloop. Berapapun banyaknya jenis Android yang ada di seluruh dunia, pasti akan selalu ada developer yang mampu mencari cara buat mengatasi Bootloop pada Android tersebut seperti halnya Root Android.

Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi Mi 4i via FastBoot

Seperti judul pada artikel kali ini, kami akan mencoba memberikan kamu sebuah cara untuk mengatasi Bootloop atau mentok di Boot Animation Android atau Logo MI pada Xiaomi Mi 4i. Caranya dengan Flashing Xiaomi Mi 4i via FastBoot. Ikuti tutorial dibawah ini untuk memperbaiki Bootloop pada Xiaomi Mi 4i dengan cara Flashing.

Langkah Persiapan Flash Xiaomi Mi 4i via FastBoot

  • Backup semua data kamu agar tidak terhapus.
  • Download FastBoot ROM Xiaomi Mi4i disini.
  • Download aplikasi Mi Flash Tool disini.
  • Download FastBoot drivers disini.

Langkah Pengerjaan Flash Xiaomi Mi 4i via FastBoot

  • Pertama Install FastBoot drivers dan aplikasi Mi Flash Tool yang telah kamu download tadi di Laptop/PC kamu, setelah terInstall kemudian restart.
  • Kemudian, ekstrak file FastBoot ROM ke folder yang mudah untuk kamu temukan.
  • Setelah itu jalankan aplikasi Mi Flash Tool yang sudah terInstall tadi.
  • Setelah aplikasi terbuka, klik tombol Browse... lalu pilih folder hasil extract file FastBoot ROM yang tadi.
  • Kemudian klik tanda panah pada tombol Browse... yang tadi, lalu pilih Advanced.
  • Lalu klik Browse... pada kotak dialog FastBoot Script dan pilih file yang bernama flash_all.bat atau flash_all_except_data_storage.bat untuk mempertahankan data-data kamu yang berada di memori internal. Pastinya akan lebih maksimal jika kamu menggunakan flash_all.bat makanya kami sarankan untuk mem-backup terlebih dahulu data-data penting dalam smartphone kamu.
  • Setelah itu (ponsel dalam keadaan mati) tekan bersamaan tombol Volume Bawah dan tombol Power di Xiaomi Mi 4i kamu untuk masuk ke FastBoot Mode.
  • Kemudian hubungkan Xiaomi Mi 4i ke Laptop/PC kamu dengan Kabel USB.
  • Jika sudah lihat pada aplikasi Mi Flash Tool tadi, apakah Xiaomi Mi 4i kamu sudah terhubung atau belum. Klik Refresh jika belum terlihat perangkat yang terhubung.
  • Apabila sudah muncul perangkat yang terhubung kemudian klik Flash dan tunggu sampai prosesnya selesai dan sukses.
  • Setelah proses selesai maka Xiaomi Mi 4i akan otomatis restart dan kamu bisa mencabut kabel USB pada Xiaomi Mi 4i kamu. Jika proses berhasil maka smartphone kamu akan kembali normal seperti sediakala.

Asal kamu tahu saja cara FastBoot diatas juga bisa digunakan buat beberapa smartphone Xiaomi yang lain seperti Redmi Note 3G/4G, Redmi 1s, Redmi 2, MiPad, dan lain-lain. Tapi semua smartphone tersebut menggunakan FastBoot ROM yang berbeda-beda, jadi cukup mengunduh FastBoot ROM yang tepat untuk melakukan Flashing di beberapa smartphone Xiaomi. Bisa diunduh disini.